Selasa, 07 Februari 2012

Tata Krama Berdiskusi

1.A.Syarat modelator
1. Mempunyai minat tinggi terhadap forum yang dibawahinya
2. Bertanggung jawab meramaikan forum yang di kelolanya
3. Sabar, sopan, dan suka membantu orang lain
4. Tegas dalam menegakkan peraturan forum demi kebaikan bersama
5. Aktif berdiskusiZeroCelciusmberikan kontribusi, aktif posting di komunitas
6. Bila memungkinkan dapat online setiap hari untuk "memantau" keadaan komunitas
7. Sudah aktif di forum YIC tentunya
8. Mampu bekerja teamwork dengan moderator yang lainnya
9. Mempunyai rasa kesetiakawanan dan solidaritas yang tinggi
B.Tugas Modelator
1.Memastikan supaya diskusi tidak melenceng dari topik forum yang bersangkutan
2. Bekerjasama dengan member agar komunitas selalu positif dan nyaman untuk berinteraksi
3. Menjadi contoh bagi para member dalam mentaati peraturan forum sekaligus orang pertama yang mengingatkan jika ada yang melanggar peraturan

2.A.Syarat Panelis
1.sopan
2.menguasai materi diskusi
3.bertanggunbg jawab

B.Tugas Panelis
·         menyajikan materi diskusi,
·         berperan sebagai pembicara dalam diskusi,
·         mengutarakan makalah yang disampaikan,
·         menjawab pertanyaan dari peserta dan penyanggah.

3.A.Syarat Notula

1.mengetahui seluk-belukpenyelenggaraan rapat
2.mengetahui struktur/kerangka notulis
3.mampu menulis cepat
4.manpu meringkas dengan teliti dan cermat

B.Tugas Notula
·        menulis jumlah peserta dan segala kegiatan dalam diskusi,
·         diperbolehkan untuk menyanggah,
·         diperbolehkan untuk menyetujui ataupun tidak menyetujui,
·         membuat makalah tentang permasalahan yang didiskusikan.

4.A.Syarat Peserta
Memahami aturan main diskusi
Menghargai pendapat orang lain
Menghindari sifat emosional
Memahami materi diskusi
Berani berpendapat dengan terbuka

B.Tugas Peserta
·        mengikuti jalannya diskusi dari awal sampai dengan akhir dan terbagi menjadi tim affirmatif dan oposisi yang termasuk panelis,
·         mengajukan usul, pendapat, maupun komentar,
·         meminta panelis untuk memberikan pembuktian, contoh, maupun perbandingan.


B.1.Tata Krama Menyampaikan Pendapat
a.                   Persetujuan dikemukakan dengan menggunakan bahasa yang benar.
b.                   Persetujuan didukung dengan bukti atau keterangan yang logis dan jelas.
c.                    Komentar yang melengkapi persetujuan hendaknya tidak berlebihan.
d.                   Persetujuan diberikan secara obyektif yang disertai dengan fakta yang konkret.
e.                    Kalimat yang digunakan harus mudah diterima dan tidak berbelit-belit.

2. Tata Krama Menyampaikan kritikan
1.Sebutkan tingkah laku yang ingin Anda kritik. Tujukan kritikan Anda pada aksi, bukan pada individunya.

2. Buat kritikan Anda spesifik. Jangan ucapkan “Kamu selalu gagal memenuhi tenggat waktumu.”, tapi spesifikkan teguran Anda menjadi “Pada tanggal 15 Maret, kamu gagal memenuhi tenggat waktu untuk artikel mode berjudul…”. Lebih spesifik, kan?

3. Yakinkan bahwa tingkah laku yang Anda kritik itu dapat berubah. Aksen asing, kebotakan, dan hal-hal lain yang secara langsung berhubungan dengan sejumlah perjanjian bisnis, tidak dapat selalu dapat dirubah.

4. Gunakan kata “saya” dan “kita” untuk menekankan bahwa
Anda ingin memecahkan persoalan bersama, daripada sekedar mengancam.

5. Pastikan bahwa pihak lain mengerti alasan kritikan Anda.

6. Jangan membesar-besarkan masalah. Sampaikan kritikan Anda secara singkat dan dengan sikap yang santai dan “manis”. Jangan memberi wejangan, pelajaran apalagi ancaman.

7. Tawarkan dorongan untuk merubah tingkah laku orang yang
Anda kritik. Tawarkan bantuan pada orang tersebut untuk menyelesaikan masalah.

8. Jangan pasang nada suara Anda ke nada marah atau sarkastik. Kedua hal itu tidak ada gunanya dan tidak memecahkan masalah.

9. Tunjukkan pada sasaran kritik Anda bahwa Anda mengerti bagaimana perasaannya.

10. Bila Anda memilih untuk menuliskan kritikan Anda pada selembar kertas,lebih baik tenangkan dulu diri dan pikiran Anda sebelum menulis surat atau memo. Yakinkan bahwa hanya orang yang Anda tuju yang akan dapat melihat surat
kritikan Anda.

11. Mulailah dengan menulis sesuatu yang baik-baik dulu.

12. Pada akhirnya, sampaikan kembali dukungan dan dorongan Anda pada orang tersebut.

3. Tata Krama Menyetujui pendapat
1.Pesetujuan dikemukakan dengan menggunakan bahasa yang benar
2.kalimat yang digunakan tidak berbelit-belit
3.Komentar yang melengkapi persetujuan tidak berlebihan
4.persetujuan diberikan secara objektif

1 komentar:

  1. How to login to a casino at any time | Jtmhub
    All that I need to do is click the 충주 출장마사지 “Join” button and 강원도 출장마사지 get started. · Enter your details and login in your browser. 경주 출장마사지 · Enter your password. · Click on the 전라북도 출장안마 button 광양 출장마사지 'Join Now'

    BalasHapus